10 daysforASEAN #3: INDONESIA, GORGEOUS ARCHIPELAGO

20130829-083638.jpg

BRAND NATION

Bagiku, brand, tagline atau slogan adalah nama. Layaknya nama, ia mengandung doa dan harapan. Maka, ketika aku memikirkan brand yang pantas untuk Indonesia, aku seumpama ibu yang mencari nama untuk anaknya. Sulit, sebab aku ingin nama yang tak biasa, indah, cantik, mudah diingat dan mengandung kebaikan.

Lalu, kutelusuri internet. Kutemukan brand-brand yang pernah tersemat di pundak Indonesia. Di antaranya: Indonesia, Admit It You Love It. Ada juga Wonderful Indonesia dan yang terbaru (ternyata) Indonesia, The Ultimate in Diversity.

Ke mana saja aku selama ini hingga baru tahu brand-brand ini? Apakah aku yang tertinggal berita ataukah Indonesia kurang menggembar-gemborkannya?

Jujur saja, aku lebih sering mendengar Malaysia: Truly Asia, Uniquely Singapore dan Amazing Thailand ketimbang slogan negeriku sendiri.
Lalu, apa yang kurang dengan Indonesia? Bukankah tagline di atas tak kalah mentereng dengan tagline negara lain?
Sebab aku cinta negeriku, kukatakan saja yang sebenarnya. Tagline The Ultimate in Diversity, belum ear catching. Cukup panjang untuk sebuah brand dan kurang menarik. Semakin tidak dikenal karena publikasinya tak jor-joran. Logonya pun biasa saja. Andai dibuat kalimat yang lebih singkat, eye dan ear cacthing, ditambah promosi besar-besaran, bukan tak mungkin akan menggoda wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. Ya, kan?

20130829-083148.jpg

Baru sedikit negara yang kukunjungi. Namun, dari sedikit itu, aku berani mengatakan bahwa alam negeriku tak kalah indah dengan negeri lain. Budayanya tak kalah meriah dengan budaya lain. Kulinernya bahkan mendapat penghargaan kelas dunia (rendang maksudku :D).
Tapi mengapa wisatawan yang berkunjung ke negeriku lebih sedikit daripada yang berkunjung ke negeri tetangga macam Singapura dan Malaysia.
Pertanyaannya: apa yang mereka jual? Bagaimana mereka menjualnya?
Mari melihat Singapura. Negeri minim kekayaan alam dan minim penduduk. Tapi, Singapura mengelola SDA dan SDM yang minim itu dengan sangat baik. Kebersihan, ketertiban, keamanan, kenyamanan, keteraturan dan kepastian hukum bukan sekadar slogan. Hal ini membuat wisatawan berlomba-lomba mengunjungi negeri mungil itu.
Mampukah Indonesia memberi jaminan yang sama seperti di atas?


INDONESIA: GORGEOUS ARCHIPELAGO


Tidak berlebihan jika kukatakan, brand sebuah negara bukan perkara sederhana. Ia bahkan sesuatu yang harus digarap serius. Brand bukan sekedar dua kata atau sebuah kalimat tanpa makna. Dalam hal ini, brand seolah baju terluar yang dikenakan negara itu. Ia memegang peranan penting untuk menarik perhatian orang lain. Lebih jauh untuk memikat mereka mengunjungi negeri itu.

Aku pun memilih brand INDONESIA: GORGEOUS ARCHIPELAGO

Mengapa kupilih kata gorgeous, bukan beautiful?
Sebab gorgeous mencakup kata-kata yang bermakna indah, permai, menyenangkan. Bukankah Indonesia memang demikian? Bukankah Indonesia yang sebenarnya adalah negeri berpenduduk ramah, alamnya elok, adat istiadatnya beragam, bahasa daerahnya beraneka, makanan khasnya bermacam-macam, flora dan faunanya berbilang spesies?

Sedangkan archipelago menunjukkan keunikan Indonesia. Di ASEAN bahkan dunia ini, tak ada negara kepulauan yang seluas dan dan sebesar Indonesia. Tidak Filipina, tidak juga Jepang.
Dengan brand INDONESIA: GORGEOUS ARCHIPELAGO, kuharap masyarakat dunia akan mengenal dan mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar, luas dan kaya yang memiliki keindahan dan kepermaian tersendiri. Daratannya hijau dan lautannya memukau sehingga patut untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Pertanyaan selanjutnya: siapkah kita menyandang brand ini dan mempromosikannya pada dunia?

Foto diambil dari tautan ini
Foto kedua dari tautan ini

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis ASEAN BLOGGER #10daysforASEAN

2 thoughts on “10 daysforASEAN #3: INDONESIA, GORGEOUS ARCHIPELAGO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s