[Lomba Menulis Teman Maya] Ibuk Titi Teliti


Mbak,

Penulisan di dengan kata benda, dipisah. Sedangkan di dengan kata kerja disatukan


Inginnya kututup muka ini dengan selembar kertas virtual di depanku. Kenapa? Sebab berani-beraninya kupilih dirimu sebagai teman maya yang klik bagiku padahal nama aslimu pun aku tak ingat lagi, hiks. Sementara, arti akun ID MPmu lupa pula kutanyakan. Tapi, seperti yang sudah kutulis di tiga tulisan sebelumnya dengan tema ini, bagiku teman maya yang klik ialah yang aku merasa nyaman berinteraksi dengannya. Termasuk denganmu.

Eh ya, kapan pertama kali kita berkenalan? (aih…aih, ini pun aku tak ingat!). Yang kuingat, sejak kita berkenalan di dunia maya, sejak saat itu juga dirimu menjadi teman setia. Bisa dibilang, tak ada satupun postinganku yang tak luput dari kunjunganmu. Bukan! Bukan karena tulisan dan fotoku keren, tapi karena dirimu memang sangat baik sebagai seorang teman. Sebab kebaikanmu itulah, suatu hari kusempatkan untuk menemuimu. Kopdarlah kerennya. Jarang-jarang aku kopdar dengan teman maya. Perasaan malu, gugup, grogi kerap menimpaku pada saat kopdar. Namun, karena dirimu tinggal di negara yang sama dengan tempat tinggalku saat itu, engkau pun baru melahirkan, aku merasa punya momen yang pas untuk menemuimu. Tepatnya, akan punya bahan obrolan yang pas jika kopdar nanti.

Dan…wah, beruntung sekali aku bisa kopdar denganmu saat itu ya? Kopdar pertama sekaligus terakhir. Sebab tak lama setelah itu, dirimu pindah dari Singapura. Sejak saat itu, silaturahmi kita selalu lewat dunia maya. Entah lewat Y!M, MP atau FB. Meski hanya bertemu sekali, sosokmu yang cantik dan cerdas, logat Jawa yang medok dan caramu menggendong bayi dengan hati-hati masih melekat di benakku.

Ibuk…

Selanjutnya aku lebih sering memanggilmu begitu. Meniru panggilan anakmu padamu. Tapi, panggilan ini tidak serta merta benar. Mulanya, aku mengetik ibu, namun engkau mengoreksinya. Bukan ibu tapi ibuk. Pakai K. O…ow, lain toh? Hihi. Tapi, unik juga. Terima kasih atas koreksianmu ibuk. Kalau pakai K memang lebih terasa medoknya ya? :D.

Buk, dari koreksianmu itu dan dari PM yang kau kirim untukku yang isinya mengoreksi cara penulisan kata benda dan kata kerja dengan imbuhan di, membuatku yakin bahwa engkau seorang yang teliti. Mengingatkanku pada bibi Titi Teliti si Bobo.  Jangan khawatir, aku tak tersungging eh…tersinggung. Aku malah senang sebab berarti kau tak sekedar membaca tulisanku. Melainkan membacanya dengan sungguh-sungguh. Selain itu, aku jadi merasa punya seseorang yang bisa diandalkan untuk memeriksa tulisan-tulisanku itu. Eh, sebenarnya aku juga malu. Engkau yang lulusan teknik dari ITB ternyata mengerti pelajaran bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Aku yang mengakunya punya beberapa buku antologi harus bercermin padamu dalam hal ini. 

Tahu ga buk, koreksi darimu memecutku untuk mencari dengan serius tata bahasa Indonesia yang benar dan selalu membuka situs KBBI dari pusat diknas setiap aku online!

Apalagi yang bisa kutulis tentangmu di waktu deadline yang mepet ini?.

Ah ya!

Ibuk itu sangat pintar. Dari mana kutahu? Dari reply-reply yang ibuk lontarkan. Pasti isinya lain dari yang lain. Yang mengatakan ini bukan aku saja lho, tapi justru itu aku jadi suka. Selalu menunggu replyan ibuk yang penuh kejutan. 

Apalagi?

Ibuk seorang pembelajar hebat. Tulisan ibuk mulai hadir di lomba-lomba penulisan dan di antologi-antologi. Sesuatu yang harusnya tidak mengherankanku sebab dari tulisan sehari-hari yang biasa ibuk posting di MP, aku tahu, tulisan ibuk extraordinary. Rapi, runut, mengalir dan bernas.

Tetap setia membaca tulisanku dan mengoreksinya ya buk…(maksa nih, buk :D)

===========

Ditulis diujung deadline, hiks. Hampir seharian keluar rumah, pulang-pulang teler, niatnya mengetik malah ketiduran . Semoga tulisan ini masih bisa dianggap sebagai peserta lomba menulis teman maya yang diadakan mbak Dewayani…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s