Pemandangan Keren Kedua Kalinya

Sering melihat gerombolan orang menanti pembagian sembako gratis? Beberapa kali di TV, ya kan?

Pernah melihat gerombolan orang menunggu pintu gerbang perpustakaan di buka? Nah, ini pemandangan langka yang baru dua kali saya lihat sejak hampir satu dasawarsa tinggal di Spore. Di kemudian hari saya tahu pemandangan itu langka karena saya membandingkannya dengan tanah air. Sementara di Spore, pemandangan itu sudah biasa.

Pekan kemarin saya jalan ke library. Benar-benar jalan kaki dari rumah. Lumayanlah jalan barang ratusan meter, sekalian olahraga. Saat itu sudah lewat waktu Dzuhur. Matahari Spore yang biasanya terik, kemarin nampaknya rehat sejenak. Cuaca mendung, angin bertiup semilir, enaklah untuk jalan kaki. Meski begitu, saya ingin cepat sampai ke library. Duduk di salah satu sudut dalam ruangan yang sejuk ber-AC.

Mendekati library, saya lihat gerombolan orang memenuhi pintu utama library. Ada yang duduk berselonjor di koridor, ada yang jongkok, ada yang bersandar ke tiang. Eh, ada apakah? Bukankah sekarang sudah jam 2 lebih? Seharusnya library sudah buka dong. Jadi, ini gerombolan orang yang melakukan aksi apa? Demo? Demo di Spore? Menuntut apa? Ternyata Sabtu kemarin, library buka lebih siang, entah karena apa. Dan gerombolan orang tadi adalah orang-orang yang menunggu pintu library dibuka. WOW! Sungguh pemandangan langka bagi saya. Jarang-jarang kan lihat orang antusias mengunjungi library seperti antusiasnya orang menanti jatah sembako atau antusiasnya orang menyerbu sale di mall?

Itu belum selesai. Ketika pintu dibuka, mereka masuk dengan tertib dan…mereka disambut oleh pegawai-pegawai perpustakaan yang berbaris layaknya pagar ayu di acara pengantin. Benar-benar penyambutan yang luar biasa terhadap ‘rakyat biasa’ untuk rutinitas yang sudah biasa.
Nah…yang begini ini yang bikin betah tinggal di Spore. Librarynya jadi oase untuk orang-orang penyuka buku-buku terbaru, best seller, terbitan luar, terbitan bahasa Indonesia tapi…ga perlu keluar banyak duit 😀
Sayangnya saya bukan orang yang bersahabat dengan kamera jadi tidak terabadikanlah pemandangan keren tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s